Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Prestasi Utsman bin Affan Selama Memimpin Umat Islam

Prestasi Utsman bin Affan Selama Memimpin Umat Islam


Prestasi Utsman bin Affan Selama Memimpin Umat Islam


Utsman bin Affan terpilih sebagai Khalifah pengganti Umar bin Khattab. Khalifah Usman bin Affan dipilih di usia 70 tahun. Beliau menjadi Khalifah selama 12 tahun. Selama khalifah Utsman bin Affan memimpin umat Islam, ada banyak prestai yang telah dicapau. Prestasi yang dicapai oleh Utsman bin Affan antara lain prestasi dalam kodifikasi Mushaf Al Qur’an, prestai dalam renofasi masjid nabawi, dan prestasi dalam pembentukan angkatan laut. Berikut penjelasan tentang prestasi Utsman bin Affan selama memimpin umat Islam.

1.   Prestasi Utsman bin Affan dalam Kodifikasi Mushaf Al Qur’an

Pada masa pemerintahan Khalifah Utsman bin Affan, wilayah Islam sudah sangat luas. Hal ini menimbulkan kekhawatiran akan terjadinya perbedaan pembelajaran al-Qur’an di beberapa pelosok wilayah. Perbedaan itu meliputi susunan surahnya atau lafal (dialeknya).

Salah seorang sahabat bernama Huzaifah bin Yama melihat perselisihan antara tentara Islam ketika menaklukkan Armenia dan Azerbeijan. Masing-masing pihak menganggap cara membaca Al-Qur’an yang dilakukan adalah paling baik.

Perselisihan tersebut kemudian dilaporkan oleh Huzaifah bin Yaman kepadaKhalifah Usman bin Affan selanjutnya Khalifah Utsman bin Affan membentuk sebuah panitia penyusunan Al-Qur’an. Panitia ini di ketuai oleh Zaid bin Tsabit anggotanya Abdullah bin Zubair dan Abdurrahman bin Haris. Tugas yang dilaksanakan adalah menyalin ulang ayat-ayat Al-Qur’an dalam sebuah buku yang disebut mushaf.

Salinan kumpulan Al-Qur’an itu disebut mushaf oleh panitia Mushaf diperbanyak sejumlah empat buah. Salah satunya tetap berada di Madinah, sedangkan empat lainya dikirim ke Madinah, Suriah, Basrah, dan Kuffah. Semua naskah Al-Qur’an yang dikirim ke daerah-daerah itu dijadikan pedoman dalam penyalinan berikutnya di daerah masing-masing. Naskah yang ditinggal di Madinah disebut Mushaf Al-Imam atau Mushaf Usmani.


2.   Prestasi Utsman bin Affan dalam Renovasi Masjid Nabawi

Masjid Nabawi adalah masjid yang pertama kali didirikan oleh Nabi Muhammad Saw pada saat pertama kali tiba di Madinah dari perjalanan hijrahnya. Masjid ini pada mulanya hanya kecil dan masih sangat sederhana. Dengan semakin banyaknya jumlah umat Islam, maka Khalifah Umar bin Khattab mulai memperluas masjid ini. Masjid Nabawi telah mulai dibangun sejak masa Khalifah Umar bin Khattab yang kemudian dilanjutkan merenovasinya dan diperluas oleh Khalifah Utsman bin Affan. Selain diperluas, masjid Nabawi juga dibangun dengan bentuk dan coraknya yang lebih indah.

3.   Prestasi Utsman bin Affan dalam Pembentukan Angkatan Laut

Pada masa Khalifah Usman bin Affan, wilayah Islam sudah mencapai Afrika, Siprus, hingga konstantinopel. Muawiyah saat itu menjabat gubernur Suriah mengusulkan dibentuknya angkatan laut. Usul itu disambut dengan baik oleh Khalifah Usman bin Affan.

4.   Prestasi Utsman bin Affan dalam Perluasan Wilayah Islam

Serangkain penaklukan bangsa Arab dimotivasi oleh semangat keagamaan untuk menjadikan dunia memeluk dan mengakui Islam. Pada masa pemerintahan Khalifah Usman bin Affan wilayah Islam semakin meluas.Wilayah perluasan di masa Khalifah Utsman bin Affan.
a.   Perluasan ke Khurasan di bawah pimpinan Sa’ad bin Ash dan Huzaifah bin Yaman.
b.   Perluasan ke Armenia yang dipimpin Salam Rabiah Al Bahly.
c.   Afrika Utara (Tunisia) Abdullah bin Sa’ad bin Abi Sa’ad bin Abi Sarah.
d.   Penaklukan Ray dan Azerbeijan yang dipimpin Walid bin Uqbah


Demikian artikel kami tentang prestasi yang dicapai oleh Utsman bin Affan antara lain prestasi dalam kodifikasi Mushaf Al Qur’an, prestai dalam renofasi masjid nabawi, dan prestasi dalam pembentukan angkatan laut. Semoga artikel kami tentang prestasi khalifah Utsman bi Affan selama memerintah umat Islam bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Prestasi Utsman bin Affan Selama Memimpin Umat Islam"